Whatsapp-Button ptsp-button cctv-gif Menjaga Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pengadilan Agama Bengkalis dengan Pelayanan yang Transparan || (10/06/2024)
Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Bengkalis.   PLG_GSPEECH_SPEECH_BLOCK_TITLE Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Bengkalis. PLG_GSPEECH_SPEECH_POWERED_BY IT PA Bengkalis
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA BENGKALIS

    Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.

  • STANDAR MAKLUMAT PELAYANAN

    Standar Maklumat Pelayanan Pengadilan Agama Bengkalis.

  • SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA (SIPP)

    SIPP Merupakan Portal Pelayanan Informasi Perkara bagi Masyarakat Pencari Keadilan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

    Telusur SIPP

  • "DIREKTORI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG RI"

    Pencari keadilan dapat mendapatkan salinan putusan dengan cepat dan mudah dengan mengakses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI satuan kerja Pengadilan Agama Bengkalis.

    Selanjutnya

  • "STOP GRATIFIKASI"

    Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan penyalahgunaan wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat.

    Selanjutnya

  • "WHISTLEBLOWING SYSTEM/ SIWAS MA-RI"

    Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Pengadilan.

    Kunjungi

  • "SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT"

    SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari Pengadilan Agama Bengkalis.

    Kunjungi

  • "ANTI GRATIFIKASI"

    Dihimbau untuk para pencari keadilan, agar berperkara melalui prosedur karena semua pelayanan kami sajikan gratis dan mudah.

    Selanjutnya

  • "TUTORIAN PENYELESAIAN GUGATAN EKONOMI SYARI'AH"

    Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana.

    Lihat Video

  • "GUGATAN/PERMOHONAN MANDIRI"

    Untuk Menunjang Pelayanan yang Transparan, Mudah, Cepat, dan Modern, Pengadilan Agama Bengkalis menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan Mandiri.

    Telusur GUGATAN MANDIRI

  • "PENGADILAN AGAMA BENGKALIS MENGUCAPKAN"

    Selamat kepada 𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐌𝐮𝐥𝐢𝐚 𝐃𝐫. 𝐇. 𝐌𝐮𝐡𝐚𝐦𝐦𝐚𝐝 𝐒𝐲𝐚𝐫𝐢𝐟𝐮𝐝𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇., 𝐌𝐇. 𝐲𝐚𝐧𝐠 telah dilantik sebagai 𝐊𝐞𝐭𝐮𝐚 𝐌𝐚𝐡𝐤𝐚𝐦𝐚𝐡 𝐀𝐠𝐮𝐧𝐠 𝐑𝐈 𝐩𝐞𝐫𝐢𝐨𝐝𝐞 𝟐𝟎𝟐𝟎 - 𝟐𝟎𝟐𝟓.

  • "PESAN DIRJEN BADILAG"

    "Prinsipnya, sebagian besar masyarakat yang berurusan di Pengadilan Agama membawa persoalan masing-masing. Maka sudah sepantasnya mereka layak mendapatkan layanan dan tempat yang nyaman. Paling tidak Pengadilan Agama sudah meringankan persoalan mereka.

  • "PROGRAM DIRJEN BADILAG 2024"

    "- Penguatan Integritas - Peningkatan Kualitas Layanan Peradilan - Penguatan Kelembagaan - Penguatan Kepemimpinan dan SDM - Penguatan Teknologi Informasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cetak

Menjaga Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pengadilan Agama Bengkalis dengan Pelayanan yang Transparan || (10/06/2024)

Posted in Berita PA Bengkalis

Dilihat: 83Posted in Berita PA Bengkalis

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

Menjaga Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pengadilan Agama Bengkalis dengan Pelayanan yang Transparan

   

Bengkalis | www.pa-bengkalis.go.id

Rabu (05/06/2024) Kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik merupakan salah satu faktor kunci dalam menciptakan sistem peradilan yang adil dan efektif. Pengadilan Agama Bengkalis berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui pelayanan yang transparan, akuntabel, dan berintegritas. Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) memainkan peran penting dalam mencapai tujuan ini karena mereka adalah garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tujuan utama yang ingin dicapai antara lain:

  1. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pengadilan Agama Bengkalis.
  2. Mewujudkan pelayanan publik yang akuntabel dan bebas dari praktik korupsi.
  3. Memberikan kepastian hukum dan informasi yang jelas kepada masyarakat.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang Petugas PTSP maupun Security serta seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis harus mempunya Strategi dan Langkah-Langkah salah satunya adalah Pelayanan yang Transparan. Transparansi dalam pelayanan publik adalah kunci untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah, termasuk Pengadilan Agama Bengkalis. Dengan memberikan pelayanan yang transparan, Pengadilan Agama Bengkalis dapat memastikan bahwa masyarakat memahami proses peradilan, merasa dihormati, dan yakin bahwa hak-hak mereka dijaga dengan baik. Hal ini dapat dicapai dengan cara sbb :

  1. Informasi Terbuka: Menyediakan informasi yang jelas dan mudah diakses oleh masyarakat mengenai prosedur, biaya, dan waktu pelayanan di PTSP melalui :
  • Website Resmi: Mengelola dan mengupdate website resmi Pengadilan Agama Bengkalis dengan informasi yang lengkap mengenai prosedur, biaya, dan waktu pelayanan.
  • Banner dan Papan Informasi : Menyediakan banner berisi informasi di kantor Pengadilan Agama Bengkalis yang memuat informasi penting yang mudah diakses oleh masyarakat.

 

  1. Penggunaan Teknologi Informasi:
  • Sistem Antrian Elektronik: Mengimplementasikan sistem antrian elektronik untuk mengatur alur pelayanan dan mengurangi waktu tunggu.
  • Pelayanan Online: Mengembangkan layanan online untuk pendaftaran kasus, pengecekan status perkara, dan pengaduan.
  • Transparansi Biaya: Menampilkan rincian biaya layanan secara online dan di tempat layanan agar masyarakat mengetahui biaya yang harus dibayar.

 

  1. Mekanisme Pengaduan dan Saran: Menyediakan mekanisme pengaduan dan saran yang efektif, serta memastikan setiap pengaduan ditangani dengan cepat dan transparan.
  • Kotak Pengaduan: Menyediakan kotak pengaduan di lokasi strategis di kantor Pengadilan Agama Bengkalis.
  • Layanan Pengaduan Online: Mengimplementasikan layanan pengaduan online yang responsif untuk menerima masukan, kritik, dan keluhan dari masyarakat.
  • Tindak Lanjut: Memastikan setiap pengaduan ditangani dengan cepat dan transparan, serta memberikan umpan balik kepada pengadu mengenai tindak lanjut yang telah dilakukan.

 

Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, Pengadilan Agama Bengkalis berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang transparan dan akuntabel, serta menjaga kepercayaan masyarakat. Pelayanan yang transparan tidak hanya meningkatkan kepercayaan masyarakat, tetapi juga memastikan bahwa hak-hak masyarakat terlindungi dan keadilan dapat ditegakkan dengan baik.

 

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***

CCTV Online PA Bengkalis

PTSP

RUANG TUNGGU SIDANG

HALAMAN PARKIR PENGUNJUNG

  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan
  • Prosedur Layanan Hukum

Tata Cara Pendoman Pelayan Informasi

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan  

|| Selengkapnya ||

Bagaimana Tata Cara Pengaduan ?

Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

|| Selengkapnya ||

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

|| Selengkapnya ||

 

  • E-Court MARI
  • JDIH
  • E-Learning MARI
  • Informasi?
  • LPSE

E-Court Mahkamah Agung RI

Aplikasi e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran Perkara secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)

|| Selengkapnya ||

Read More

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung RI

Dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP) pada 30 April 2010, maka keterbukaan akan informasi termasuk informasi di bidang hukum dan regulasi yang diterbitkan dalam bidang hukum dan peradilan sudah merupakan kebutuhan masyarakat.

|| Selengkapnya ||

Read More

E-Learning Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah sebuah situs untuk memfasilitasi dalam hal pendidikan pelatihan dan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya dengan cara klik tombol dibawah ini.

|| Selengkapnya ||

Read More

Bagaimana Cara Mendapatkan Informasi?

Prosedur pelayanan informasi di Pengadilan Agama Bengkalis terdiri dari 2 jenis yaitu Prosedur Biasa dan Prosedur Khusus Untuk lebih jelas mengenai tata cara permohonan informasi pada Pengadilan Agama Bengkalis dapat diklik pada tombol dibawah ini. 

|| Selengkapnya ||

Read More

Layanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI

LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di seluruh Kementerian untuk menyelenggarakan sistem pelayanan pengadaan barang / jasa secara elektronik serta memfasilitasi Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang / jasa secara elektronik.

|| Selengkapnya ||

Read More

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Statistik Perkara

Aplikasi Pendukung

Galeri Video Pengadilan Agama bengkalis

Ucapan dan Duka Cita

Nilai IKM & IPK Pengadilan Agama Bengkalis

Peta Lokasi Kantor PA Bengkalis

Silahkan Block Kalimat yang Ingin Di Ucapkan Created By: @Ismet, IT PA Bengkalis