Whatsapp-Button ptsp-button cctv-gif PENGADILAN AGAMA BENGKALIS BOCORKAN TIPS & TRIKS SUKSES MEDIASI #2 || (07/06/2024)
Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Bengkalis.   PLG_GSPEECH_SPEECH_BLOCK_TITLE Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Bengkalis. PLG_GSPEECH_SPEECH_POWERED_BY IT PA Bengkalis
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA BENGKALIS

    Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.

  • STANDAR MAKLUMAT PELAYANAN

    Standar Maklumat Pelayanan Pengadilan Agama Bengkalis.

  • SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA (SIPP)

    SIPP Merupakan Portal Pelayanan Informasi Perkara bagi Masyarakat Pencari Keadilan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

    Telusur SIPP

  • "DIREKTORI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG RI"

    Pencari keadilan dapat mendapatkan salinan putusan dengan cepat dan mudah dengan mengakses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI satuan kerja Pengadilan Agama Bengkalis.

    Selanjutnya

  • "STOP GRATIFIKASI"

    Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan penyalahgunaan wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat.

    Selanjutnya

  • "WHISTLEBLOWING SYSTEM/ SIWAS MA-RI"

    Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Pengadilan.

    Kunjungi

  • "SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT"

    SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari Pengadilan Agama Bengkalis.

    Kunjungi

  • "ANTI GRATIFIKASI"

    Dihimbau untuk para pencari keadilan, agar berperkara melalui prosedur karena semua pelayanan kami sajikan gratis dan mudah.

    Selanjutnya

  • "TUTORIAN PENYELESAIAN GUGATAN EKONOMI SYARI'AH"

    Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana.

    Lihat Video

  • "GUGATAN/PERMOHONAN MANDIRI"

    Untuk Menunjang Pelayanan yang Transparan, Mudah, Cepat, dan Modern, Pengadilan Agama Bengkalis menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan Mandiri.

    Telusur GUGATAN MANDIRI

  • "PENGADILAN AGAMA BENGKALIS MENGUCAPKAN"

    Selamat kepada 𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐌𝐮𝐥𝐢𝐚 𝐃𝐫. 𝐇. 𝐌𝐮𝐡𝐚𝐦𝐦𝐚𝐝 𝐒𝐲𝐚𝐫𝐢𝐟𝐮𝐝𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇., 𝐌𝐇. 𝐲𝐚𝐧𝐠 telah dilantik sebagai 𝐊𝐞𝐭𝐮𝐚 𝐌𝐚𝐡𝐤𝐚𝐦𝐚𝐡 𝐀𝐠𝐮𝐧𝐠 𝐑𝐈 𝐩𝐞𝐫𝐢𝐨𝐝𝐞 𝟐𝟎𝟐𝟎 - 𝟐𝟎𝟐𝟓.

  • "PESAN DIRJEN BADILAG"

    "Prinsipnya, sebagian besar masyarakat yang berurusan di Pengadilan Agama membawa persoalan masing-masing. Maka sudah sepantasnya mereka layak mendapatkan layanan dan tempat yang nyaman. Paling tidak Pengadilan Agama sudah meringankan persoalan mereka.

  • "PROGRAM DIRJEN BADILAG 2024"

    "- Penguatan Integritas - Peningkatan Kualitas Layanan Peradilan - Penguatan Kelembagaan - Penguatan Kepemimpinan dan SDM - Penguatan Teknologi Informasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cetak

PENGADILAN AGAMA BENGKALIS BOCORKAN TIPS & TRIKS SUKSES MEDIASI #2 || (07/06/2024)

Posted in Berita PA Bengkalis

Dilihat: 63Posted in Berita PA Bengkalis

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

PENGADILAN AGAMA BENGKALIS BOCORKAN TIPS & TRIKS SUKSES MEDIASI #2

Ruang Mediasi dan Ruang Mi Fren pada Pengadilan Agama Bengkalis

Rabu (05/06/2024) Mediasi merupakan salah satu rangkaian penting dari keseluruhan proses penanganan perkara di Pengadilan. Mediasi merupakan amanat Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor I tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan. Sebagaimana aturan tentang mediasi, hakim mediator selalu menjelaskan tata cara mediasi dan keuntungan-keuntungan proses mediasi untuk para pihak yang mau berdamai. Setiap perkara yang diterima Pengadilan Agama Bengkalis harus melalui proses mediasi kecuali perkara yang dikecualikan dari mediasi. Mediasi dilakukan oleh Mediator Hakim sama ada mediator Hakim bersertifikat atau Non Hakim Non bersertifikat maupun Mediator Hakim.

Pada beberapa tahun terakhir, Pengadilan Agama Bengkalis telah berhasil mendapatkan prestasi sebagai Peringkat Pertama Kategori Penanganan Mediasi Terbaik. Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan kepada para hakim mediator yang dinilai berprestasi khususnya dalam bidang mediasi. Mudah-mudahan keberhasilan mediasi ini akan terus menjadi penyemangat dan motivasi bagi Hakim Mediator di lingkungan Pengadilan Agama Bengkalis untuk membantu para pihak sehingga perkara yang diajukan para pihak berakhir di ruang mediasi dengan damai.

Dalam rangka meningkatkan efektivitas mediasi, Pengadilan Agama Bengkalis berbagi tips dan triks yang telah terbukti sukses dalam proses mediasi, antara lain sebagai berikut :

Tips & Triks Sukses Mediasi:

Dapat Dipercaya

Seorang mediator yang baik menginspirasi kepercayaan. Ketika orang-orang menghadiri sesi mediasi, mereka ingin percaya bahwa mediator akan menjaga kerahasiaan semua diskusi dan menggunakan informasi yang mereka terima untuk mencapai penyelesaian yang dapat diterima bersama atas situasi tersebut. Jika para pihak tidak mendapatkan kesan ini, mereka tidak akan berbicara secara terbuka dan tujuan mediasi tidak tercapai. Disisi lain, jika sikap mediator mencerminkan ketulusan, kekuatan, dan keadilan, kedua belah pihak mungkin akan lebih kooperatif dan menerima proses mediasi.

Dapat Didekati

Mediator yang baik dipandang sebagai orang yang ramah, empati, dan hormat. Mereka mendengarkan dengan cermat, menghargai emosi dan kebutuhan yang mendasari setiap percakapan, dan terlihat benar-benar peduli dengan keinginan setiap orang yang terlibat. Ketika mereka mengakui perasaan, menunjukkan selera humor yang sesuai, dan menyampaikan rasa optimisme, kedua belah pihak yang berselisih, secara teori, akan mengikuti.

Dedikasi

Dedikasi adalah kualitas yang sangat baik di semua profesional, dan mediator tidak terkecuali. Ketika mereka mencurahkan waktu sebelum setiap sesi untuk mempersiapkan dengan baik dan bekerja dengan tekun untuk mencapai hasil yang positif dalam setiap situasi, efektivitas mereka dalam penyelesaian perselisihan meningkat. Para pihak dengan cepat memahami ketika mediator menerapkan upaya ekstra untuk menghasilkan kesimpulan yang adil.

Perseptif

Para pihak yang bersengketa menginginkan mediator yang dapat dengan cepat memahami suatu situasi, memahami kompleksitas dan dinamikanya, dan memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang pilihan dengan menganalisis masalah dan mengidentifikasi risiko. Tingkat persepsi ini memungkinkan pemecahan masalah yang lebih kreatif dan meningkatkan kemungkinan hasil yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Tidak Memihak

Dalam hal mediasi yang berhasil, ketidakberpihakan sama pentingnya dengan kemudahan didekati. Agar efektif, seorang mediator harus mampu mengendalikan perasaan mereka dan tidak berinvestasi secara emosional dalam hasil dari proses tersebut. Dengan begitu, mereka lebih mampu untuk menciptakan, mengidentifikasi, dan memanfaatkan peluang yang membantu kedua belah pihak mewujudkan tujuan mereka.

Dengan mengikuti tips dan triks ini, diharapkan dapat membantu para mediator dalam menjalankan tugasnya dengan lebih efektif sehingga dapat meningkatkan tingkat keberhasilan mediasi terutama di Pengadilan Agama Bengkalis, serta menghasilkan kesepakatan yang memuaskan bagi semua pihak yang terlibat. Mediator yang terampil dan berpengalaman adalah kunci sukses dalam mencapai tujuan mediasi yang diinginkan.

 

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***

 

CCTV Online PA Bengkalis

PTSP

RUANG TUNGGU SIDANG

HALAMAN PARKIR PENGUNJUNG

  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan
  • Prosedur Layanan Hukum

Tata Cara Pendoman Pelayan Informasi

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan  

|| Selengkapnya ||

Bagaimana Tata Cara Pengaduan ?

Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

|| Selengkapnya ||

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

|| Selengkapnya ||

 

  • E-Court MARI
  • JDIH
  • E-Learning MARI
  • Informasi?
  • LPSE

E-Court Mahkamah Agung RI

Aplikasi e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran Perkara secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)

|| Selengkapnya ||

Read More

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung RI

Dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP) pada 30 April 2010, maka keterbukaan akan informasi termasuk informasi di bidang hukum dan regulasi yang diterbitkan dalam bidang hukum dan peradilan sudah merupakan kebutuhan masyarakat.

|| Selengkapnya ||

Read More

E-Learning Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah sebuah situs untuk memfasilitasi dalam hal pendidikan pelatihan dan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya dengan cara klik tombol dibawah ini.

|| Selengkapnya ||

Read More

Bagaimana Cara Mendapatkan Informasi?

Prosedur pelayanan informasi di Pengadilan Agama Bengkalis terdiri dari 2 jenis yaitu Prosedur Biasa dan Prosedur Khusus Untuk lebih jelas mengenai tata cara permohonan informasi pada Pengadilan Agama Bengkalis dapat diklik pada tombol dibawah ini. 

|| Selengkapnya ||

Read More

Layanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI

LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di seluruh Kementerian untuk menyelenggarakan sistem pelayanan pengadaan barang / jasa secara elektronik serta memfasilitasi Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang / jasa secara elektronik.

|| Selengkapnya ||

Read More

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Statistik Perkara

Aplikasi Pendukung

Galeri Video Pengadilan Agama bengkalis

Ucapan dan Duka Cita

Nilai IKM & IPK Pengadilan Agama Bengkalis

Peta Lokasi Kantor PA Bengkalis

Silahkan Block Kalimat yang Ingin Di Ucapkan Created By: @Ismet, IT PA Bengkalis