Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Bengkalis.   PLG_GSPEECH_SPEECH_BLOCK_TITLE Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Bengkalis. PLG_GSPEECH_SPEECH_POWERED_BY IT PA Bengkalis

Cetak

Tingkat Keberhasilan 100%, Hasan Nul Hakim Raih Reward Dari Ketua Pa Bengkalis Sebagai The Best Mediator Tahun 2020 | (11/01/2021)

Ditulis oleh M.SYUKRI, A.MD.KOM on . Posted in Berita PA Bengkalis

Ditulis oleh M.SYUKRI, A.MD.KOM on . Dilihat: 355Posted in Berita PA Bengkalis

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

TINGKAT KEBERHASILAN 100%,HASAN NUL HAKIM RAIH REWARD DARI KETUA PA BENGKALIS SEBAGAI THE BEST MEDIATOR TAHUN 2020

 

Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Rika Hidayati S.Ag, M.H.I. memberikan Reward The Best Mediator PA Bengkalis Tahun 2020 Kepada Dr. Hasan Nul Hakim., S.H.I., M.A., Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis

Senin (11/01/2021) Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Rika Hidayati S.Ag, M.H.I. memberikan Reward/ Penghargaan untuk kriteria Hakim Mediator Terbaik, yaitu penghargaan yang diberikan kepada Hakim Mediator yang paling banyak berhasil memediasi para pihak berperkara selama tahun 2020.  Penghargaan The Best Mediator PA Bengkalis Tahun 2020 ini diraih oleh salah seorang Mediator Hakim Pengadilan Agama Bengkalis, Dr. Hasan Nul Hakim., S.H.I., M.A., yang juga Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis.

Penghargaan ini secara langsung diserahkan oleh Ketua dalam Acara Pemberian Reward/ Penghargaan Kepada Yang Berprestasi Tahun 2020, yang diadakan setelah Rapat Umum Perdana PA Bengkalis tahun 2021 bertempat di Ruang Aula Lantai II Pengadilan Agama Bengkalis. Ketua PA Bengkalis dalam sambutannya menyatakan bahwa penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apreasasi dari pimpinan, mengingat tingginya angka keberhasilan mediasi yang dicapai oleh yang  bersangkutan secara personal sepanjang tahun 2020. “Berdasarkan data SIPP dan laporan mediasi tahun 2020, Pak Hasan, panggilan akrab beliau, telah sukses mendamaikan seluruh perkara yang dimediasinya, sebanyak 48 perkara, dengan tingkat keberhasilan yang luar biasa, mencapai angka 100% (seratus persen), baik sewaktu bertugas di PA Dumai, maupun saat bertugas di Pengadilan Agama Bengkalis” lanjut beliau.

“Kepiawaiannya sebagai mediator sudah terlihat sejak masih menjadi Calon Hakim hingga sekarang, setidaknya sudah sukses mendamaikan 134 (seratus tiga puluh empat) perkara. Dengan Jenis perkara bervariatif seperti Cerai Talak, Cerai Gugat, Harta bersama, Sengketa waris, Hadhonah, Nafkah Anak, Nafkah iddah, Mut’ah, Poligami, dan lain-lain.” Tentunya keberhasilan tersebut diraih karena kesungguhan, kegigihan dan kepiawaian mediator dalam memaksimalkan pelaksanaan mediasi, semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi hakim mediator yang lain, dalam mewujudkan perdamaian “ Tambah Ketua.

Hasan Nul Hakim Ketika diwawancarai oleh Tim Redaksi Pengadilan Agama Bengkalis mengungkapkan rasa syukurnya atas apreasasi dan reward/ penghargaan yang diberikan oleh Ketua PA Bengkalis. “Alhamdulillah, Terimakasih atas apreasasi dari bu Ketua, Semoga penghargaan ini membawa berkah dan kebaikan,” tutur Hasan. Pak Hasan yang juga merupakan Anggota Pokja Mediasi Mahkamah Agung RI ini menyebutkan bahwa Mediasi bisa dibilang salah satu proses resolusi konflik terbaik, lebih positif dan lebih murah daripada litigasi, mediasi juga diharapkan dapat memperluas akses bagi para pihak untuk memperoleh rasa keadilan.

“Jika perkara dapat diselesaikan dengan perdamaian, maka para pihak dengan sendirinya dapat menerima hasil akhir karena merupakan hasil kerja mereka yang mencerminkan kehendak bersama para pihak. Tentunya tidak mungkin lagi ada pengajuan upaya hukum, banding maupun kasasi, yang membuat penyelesaian atas perkara yang bersangkutan dapat memakan waktu bertahun-tahun” tuturnya

Beliau juga memberikan beberapa tips dan kiat khusus agar bisa berhasil dalam mediasi, antara lain sebagai berikut :

Dapat Dipercaya

Seorang mediator yang baik menginspirasi kepercayaan. Ketika orang-orang menghadiri sesi mediasi, mereka ingin percaya bahwa mediator akan menjaga kerahasiaan semua diskusi dan menggunakan informasi yang mereka terima untuk mencapai penyelesaian yang dapat diterima bersama atas situasi tersebut. Jika para pihak tidak mendapatkan kesan ini, mereka tidak akan berbicara secara terbuka dan tujuan mediasi tidak tercapai. Disisi lain, jika sikap mediator mencerminkan ketulusan, kekuatan, dan keadilan, kedua belah pihak mungkin akan lebih kooperatif dan menerima proses mediasi.

Dapat Didekati

Mediator yang baik dipandang sebagai orang yang ramah, empati, dan hormat. Mereka mendengarkan dengan cermat, menghargai emosi dan kebutuhan yang mendasari setiap percakapan, dan terlihat benar-benar peduli dengan keinginan setiap orang yang terlibat. Ketika mereka mengakui perasaan, menunjukkan selera humor yang sesuai, dan menyampaikan rasa optimisme, kedua belah pihak yang berselisih, secara teori, akan mengikuti.

Dedikasi

Dedikasi adalah kualitas yang sangat baik di semua profesional, dan mediator tidak terkecuali. Ketika mereka mencurahkan waktu sebelum setiap sesi untuk mempersiapkan dengan baik dan bekerja dengan tekun untuk mencapai hasil yang positif dalam setiap situasi, efektivitas mereka dalam penyelesaian perselisihan meningkat. Para pihak dengan cepat memahami ketika mediator menerapkan upaya ekstra untuk menghasilkan kesimpulan yang adil.

Perseptif

Para pihak yang bersengketa menginginkan mediator yang dapat dengan cepat memahami suatu situasi, memahami kompleksitas dan dinamikanya, dan memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang pilihan dengan menganalisis masalah dan mengidentifikasi risiko. Tingkat persepsi ini memungkinkan pemecahan masalah yang lebih kreatif dan meningkatkan kemungkinan hasil yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Tidak Memihak

Dalam hal mediasi yang berhasil, ketidakberpihakan sama pentingnya dengan kemudahan didekati. Agar efektif, seorang mediator harus mampu mengendalikan perasaan mereka dan tidak berinvestasi secara emosional dalam hasil dari proses tersebut. Dengan begitu, mereka lebih mampu untuk menciptakan, mengidentifikasi, dan memanfaatkan peluang yang membantu kedua belah pihak mewujudkan tujuan mereka.

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***

 

 

 

Seputar PA Bengkalis

Nilai SKM & IPK Pengadilan Agama Bengkalis

 
 

Statistik Perkara

Aplikasi Pendukung

 

 

 

Galeri Video Pengadilan Agama bengkalis

 

Galery PA Bengkalis

Ucapan dan Peringatan

  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan
  • Prosedur Layanan Hukum

Tata Cara Pendoman Pelayan Informasi

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan  

|| Selengkapnya ||

Bagaimana Tata Cara Pengaduan ?

Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

|| Selengkapnya ||

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

|| Selengkapnya ||

 

  • E-Court MARI
  • JDIH
  • E-Learning MARI
  • Informasi?
  • LPSE

E-Court Mahkamah Agung RI

Aplikasi e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran Perkara secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)

|| Selengkapnya ||

Read More

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Mahkamah Agung RI

Dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP) pada 30 April 2010, maka keterbukaan akan informasi termasuk informasi di bidang hukum dan regulasi yang diterbitkan dalam bidang hukum dan peradilan sudah merupakan kebutuhan masyarakat.

|| Selengkapnya ||

Read More

E-Learning Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah sebuah situs untuk memfasilitasi dalam hal pendidikan pelatihan dan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya dengan cara klik tombol dibawah ini.

|| Selengkapnya ||

Read More

Bagaimana Cara Mendapatkan Informasi?

Prosedur pelayanan informasi di Pengadilan Agama Bengkalis terdiri dari 2 jenis yaitu Prosedur Biasa dan Prosedur Khusus Untuk lebih jelas mengenai tata cara permohonan informasi pada Pengadilan Agama Bengkalis dapat diklik pada tombol dibawah ini. 

|| Selengkapnya ||

Read More

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Mahkamah Agung RI

LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di seluruh Kementerian untuk menyelenggarakan sistem pelayanan pengadaan barang / jasa secara elektronik serta memfasilitasi Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang / jasa secara elektronik.

|| Selengkapnya ||

Read More
Silahkan Block Kalimat yang Ingin Di Ucapkan Created By: @Ismet, IT PA Bengkalis